Senin, 01 November 2010

TUGAS ISD (MERANGKUM)

BAB II
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

1.                 ILMU PENGETAHUAN
            Ilmu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan objek tertentu dengan sistematis, metodis, rasionalis/logis, empiris, umum dan akumulatif. Menurut Aristoteles, pengetahuan merupakan pengetahuan yang dapat diinderai dan dapat merangsang budi. Menurut Decartes, ilmu pengetahuan merupakan serba budi. Bacon dan David Home mengartikan pengetahuan sebagai pengalaman indera dan batin. Menurut Immanuel Kant, pengetahuan merupakan persatuan antara budi dan pengalaman. Teori Phyroo mengatakan bahwa tidak ada kepastian dalam pengetahuan.
            Ada tiga teori kebenaran pengetahuan. Teori pertama, pengetahuan dianggap benar apabila dalil (proposisi) itu mempunyai hubungan dengan dalil (proposisi) yang terdahulu.  Kedua, pengetahuan itu benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan. Ketiga, pengetahuan itu benar apabila mempunyai konsekuensi praktis dalam diri yang mempunyai pengetahuan itu.

2.                 TEKNOLOGI
          Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai suatu seni yang mengandung pengertian berhubungan dengan proses produksi, menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modalo, tenaga kerja dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasi tujuan produksi.
            Teknologi memperlihatkan fenomenanya dalam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis. 
            Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian-bagian yang dapat dibeda-bedakan tetapi tidak dapat dipisah-pisahkan dari suatu sistem yang berinteraksi dengan sistem-sistem lain dalam kerangka nasional seperti kemiskinan.

3.                 KEMISKINAN
            Kemiskinan merupakan tema sentral dari perjuangan bangsa, sebagai dasar dan perjuangan akan kemerdekaan bangsa, dan motivasi fundamental dari cita-cita menciptakan masyarakat adil dan makmur.
            Garis kemiskinan yang menentukan batas minimum pendapatan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok bias dipengaruhi oleh tiga hal :
1.      Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan.
2.      Posisi manusia dalam lingkungan sekitar.
3.      Kebutuhan objektif manusia untuk bias hidup secara manusiawi.

      Kemiskinan menurut orang umum dapat dikategorikan kedalam tiga unsur :
1.      Kemiskinan yang disebabkan handicap badaniah ataupun mental seseorang.
2.      Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam.
3.      Kemiskinan buatan.

            Referensi : MKDU ISD
                               Penerbit Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar